Cara Mengunakan Upper, Lower dan Proper

 

Fungsi UPPER & LOWER pada Excel

Fungsi UPPER pada Excel adalah fungsi yang dipakai untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf besar (kapital). Sedangkan fungsi LOWER adalah fungsi yang dipakai untuk mengubah huruf besar/kapital menjadi huruf kecil.

Kedua fungsi tersebut bisa kita manfaatkan ketika kita berurusan dengan data mentah, di mana huruf-huruf pada sel tidak sama. Lalu kita ingin merapikannya dengan fungsi UPPER atau fungsi LOWER.

Cara Menggunakan Rumus Fungsi UPPER & LOWER di MS Excel

Klik pada sel di mana kita ingin mengubah besar kecil huruf pada sel yang berisikan teks di excel dengan fungsi UPPER atau LOWER. Ketikkan fungsi =UPPER(Teks) jika kita ingin mengubah huruf kecil menjadi huruf besar semua. Atau ketik fungsi =LOWER(Teks) jika ingin sebaliknya, mengubah huruf besar menjadi huruf kecil semua.

Kemudian masukkan teksnya pada bagian (Teks) atau bisa dengan mereferensikan sel yang berisi teks untuk kita ubah besar kecil hurufnya. Lalu tekan Enter pada keyboard untuk melihat hasilnya. Kita juga bisa menyalin fungsi tersebut untuk diaplikasikan pada sel yang lain apabila ingin merubah besar kecil huruf pada sel yang lainnya.

Contoh Penggunaan Fungsi UPPER dan LOWER di MS Excel

Mengubah Teks Menjadi Huruf Besar (Kapital) Dengan Fungsi UPPER


Semisal kita ingin mengubah teks pada sel kita menjadi berhuruf besar semua (huruf kapital). Maka kita bisa gunakan fungsi UPPER dengan penulisan fungsinya seperti contoh berikut:

=UPPER(E12)

Pada penulisan fungsi tersebut kita mereferensikan sel A2 di mana terdapat teks yang ingin kita ubah menjadi huruf besar semua. Tekan tombol Enter untuk melihat hasilnya. Setelah itu kita bisa mengklik sel lalu drag ke bawah untuk kita copy fungsinya ke sel yang lain agar sel-sel tersebut menjadi huruf besar semua.

Mengubah Teks Menjadi Huruf Kecil Semua Dengan Fungsi LOWER


Sebaliknya, jika kita ingin mengubah teks menjadi huruf kecil semua, maka tinggal kita gunakan fungsi LOWER. Berikut penulisan fungsinya:

=LOWER(E12)

Disitu kita mereferensikan sel B2 di mana terdapat teks yang awalnya berhuruf besar semua untuk kita ubah menjadi kecil. Maka hasilnya teks akan berubah menjadi kecil. Lalu kita bisa salin fungsinya untuk diaplikasikan ke sel-sel lain untuk diubah hurufnya menjadi kecil semua.

Fungsi PROPER pada Excel

Fungsi PROPER adalah fungsi yang digunakan untuk mengubah huruf awal pada suatu teks di excel menjadi huruf besar (kapital). Sedangkan untuk huruf kedua dan seterusnya akan dijadikan huruf kecil semua. Jadi hanya huruf pertama saja yang dijadikan huruf besar/kapital.

Kegunaan fungsi PROPER ini sama dengan fungsi LOWER maupun UPPER yaitu untuk merapikan teks yang ada di dalam sel excel. Dalam hal ini mengubah bentuk huruf ke dalam bentuk yang kita inginkan.

Contoh Penggunaan Rumus PROPER pada MS Excel

Mengubah Huruf Awal Teks Dengan Referensi Sel


Sedangkan jika kita sudah memiliki data dalam sel-sel sebaiknya kita gunakan fungsi PROPER dengan mereferensikan selnya. Sehingga penulisan fungsinya menjadi seperti pada contoh berikut:

=PROPER(E12)

Di dalam penulisan tersebut kita mereferensikan sel A2. Di mana sel tersebut berisikan teks yang ingin kita ubah huruf awalnya menjadi huruf besar. Kita lihat pada tabel tersebut terdapat teks berhuruf besar dan ada yang berhuruf kecil semua. Setelah kita aplikasikan fungsi tersebut hurufnya berubah menjadi lebih rapi.

Setelah hasil salah satu sel muncul, kita bisa menyalin fungsinya ke dalam sel-sel lain yang juga ingin kita jadikan huruf besar di awal teksnya. Caranya dengan drag dan drop sel ke bawah.

Sekian

Sc : https://itkoding.com/fungsi-proper-pada-excel/



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.