Cara Mengunakan Mid Di Excel

 

Fungsi MID pada Excel

Sedikit berbeda dengan fungsi LEFT dan RIGHT yang mengambil sebagaian karakter dari sebelah kiri atau kanan sel. Fungsi MID adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil sebagaian karakter yang berada di tengah-tengah sel.

Kegunaan dari rumus MID ini bisa kita gunakan ketika kita mempunyai teks/karakter yang panjang. Lalu kita ingin mengekstrak/mengambil sebagaian informasi yang berada di tengah-tengah teks saja.

Cara Menggunakan Fungsi MID Di MS Excel

Taruh kursor pada sel di mana kita ingin menampilkan hasil pengambilan beberapa informasi menggunakan fungsi MID. Ketikkan fungsi =MID(Teks;UrutanKarakter;BanyaknyaKarakter) jika kita ingin mengambil sebagaian teks yang berada di tengah.

Kemudian masukkan teks dengan mereferensikan sel yang berisi informasi yang ingin kita ambil sebagain informasinya. Pada bagian UrutanKarakter isikan angka berdasarkan karakter tempat dimulainya pencarian. Jika dimulai dari huruf pertama, maka tulis angka 1. Jika dimulai dari huruf kedua maka tulis angka 2.

Sedangkan pada BanyaknyaKarakter isikan angka berdasarkan jumlah karakter yang ingin kita cari. Jika ingin menampilkan 4 huruf, maka isi angka 4. Sesuaikan saja dengan jumlah karakter yang dicari.

Tekan Enter pada keyboard untuk menampilkan hasilnya. Kita bisa meng-copy fungsi tersebut untuk diaplikasikan pada baris yang lain yang ada di bawahnya dengan cara men-drag sel ke bawah.

Contoh Penggunaan Fungsi MID di MS Excel

Menggunakan Fungsi MID Dengan Menuliskan Teksnya Secara Langsung

Lalu bagaimana jika kita sudah mempunyai data di mana terdapat informasi/teks yang akan kita ambil bagian tengahnya saja. Maka kita bisa lebih mudah karena tinggal mereferensikan selnya.

Untuk contoh penulisan rumus MID dengan referensi sel adalah sebagai berikut:

=MID(A37;7;4)

Pada penulisan fungsi tersebut kita mereferensikan sel A2 berupa Nama Lengkap. Kita ambil nama tengahnya saja. Angka 7 adalah urutan huruf yang dihitung termasuk spasi sehingga urutan ke 7 jatuh pada huruf A. Lalu angka 8 adalah jumlah karakter yang akan kita ambil sehingga hasilnya adalah Armando.

Sekian

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.