Cara Mengunakan Left dan Right Di Excel

 

Fungsi LEFT & RIGHT pada Excel

Fungsi LEFT adalah fungsi yang digunakan untuk mengekstrak/mengambil beberapa karakter yang terletak dari sebelah kiri sel pada Microsoft Excel. Sedangkan fungsi RIGHT adalah fungsi yang digunakan untuk mengekstrak/mengambil karakter dari sebelah kanan sel.

Biasanya fungsi ini digunakan oleh editor atau admin untuk menyeleksi beberapa informasi saja dari data sel yang berisi banyak informasi. Contoh penggunaanya ketika kita mempunyai data berupa alamat lengkap namun ingin mengambil nomor kode posnya saja. Atau untuk mengambil nama depan dari data yang berisikan nama lengkap.

Cara Menggunakan Fungsi LEFT dan RIGHT di Microsoft Excel

Letakkan kursor pada sel di mana kita ingin menampilkan hasil pengambilan beberapa informasi menggunakan fungsi LEFT atau RIGHT. Ketikkan fungsi =LEFT(Teks;UrutanKarakter) jika kita ingin mengambil beberapa informasi yang berada di sisi kiri sel.

Atau ketikkan fungsi =RIGHT(Teks;UrutanKarakter) jika kita ingin mengambil sebagaian informasi yang berada pada sisi kanan sel. Kemudian masukkan teks dengan mereferensikan sel yang berisi informasi yang ingin kita ambil sebagain informasinya. Lalu pada UrutanKarakter isikan angka sesuai dengan urutan karakternya.

Lalu tekan Enter pada keyboard untuk menampilkan hasilnya. Kita juga bisa menyalin fungsi tersebut untuk diaplikasikan pada baris yang lain yang ada di bawahnya dengan cara men-drag sel ke bawah.

Agar lebih jelasnya dalam menggunakan rumus LEFT ataupun RIGHT, simak contohnya berikut.

Contoh Penggunaan LEFT dan RIGHT di MS Excel

Mengambil Sebagaian Karakter dengan Fungsi LEFT

Semisal kita mempunyai data berupa nama-nama lengkap dan ingin mengambil nama depannya saja. Maka kita gunakan fungsi LEFT untuk mulai mengambil karakter dari sebelah kiri teks. Sebelumnya hitung dulu berapa jumlah karakter yang ingin kita ambil dari sebelah kiri, jika sudah maka tulis fungsinya berikut:

=LEFT(A12;4)

Pada fungsi tersebut kita mereferensikan sel A2 yang berupa nama lengkap. Sedangkan angka 6 adalah jumlah karakter huruf pada teks yang ingin kita ambil dari sebelah kiri atau nama depannya. Kita bisa copy fungsi tersebut dengan drag sel ke bawah untuk diaplikasikan ke sel yang ada di bawahnya. Tapi pastikan banyaknya karakter yang diambil sama jumlahnya agar tidak terjadi error.

Sekian

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.