Cara Mengunakan Choose Di Excel

 

Fungsi CHOOSE di Excel

Fungsi CHOOSE adalah fungsi yang digunakan untuk menampilkan salah satu argumen di Microsoft Excel dari beberapa argumen yang telah dibuat menggunakan nilai index atau angka sesuai urutan argumennya. Fungsi ini hampir sama dengan dengan rumus VLOOKUP. Hanya saja di CHOOSE kita bisa mengambil argumen dan mengganti urutannya sesuai dengan pilihan kita.

Dengan adanya fungsi CHOOSE ini kita bebas menentukan argumen sesuai yang kita buat. Contoh kegunaanya seperti membuat form atau dokumen serupa lainnya yang menyertakan input argumen.

Cara Menggunakan Fungsi CHOOSE pada Excel

Letakkan kursor pada sel di mana kita ingin menampilkan hasil dari fungsi CHOOSE ini. Kemudian ketikkan =CHOOSE(AngkaUrutan;Argumen1;Argumen2;…). Pada bagian AngkaUrutan isikan angka sesuai dengan urutan argumen yang ingin kita tampilkan. Lalu ketikkan teks/angka kita pada Argumen1 untuk urutan pertama. Lalu Argumen2 untuk urutan kedua.

Begitu juga jika ada argumen-argumen yang lainnya. Ingat selalu gunakan tanda petik dua untuk argumen teks. Tekan Enter untuk menampilkan hasilnya. Jika ingin mengganti untuk menampilkan argumen yang lain tinggal ganti angka pada AngkaUrutan sesuai dengan urutan argumen yang ingin kita tampilkan.

Contoh Penggunaan Rumus Fungsi CHOOSE di Excel

Menggunakan Fungsi CHOOSE dengan Memasukkan Teks Secara Manual




Misal kita ingin menampilkan argumen-argumen teks yang kita buat secara manual dengan memanfaatkan fungsi CHOOSE. Maka bentuk penulisannya seperti pada contoh berikut:

=CHOOSE(B2;$F$2;$F$3;$F$4;$F$5;$F$6)

Pada fungsi tersebut kita memasukkan angka 2. Karena kita ingin mengambil teks “Kedua” yang memang posisi argumennya berada pada urutan kedua untuk kita tampilkan ke dalam sel. Tekan Enter untuk menampilkan hasilnya. Jika kita ingin menampilkan argumen yang lain maka kita tinggal mengganti angka urutan tersebut dengan angka sesuai urutan argumen yang ingin ditampilkan.

Sekian

Sc: https://itkoding.com/fungsi-choose-di-excel/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.