Cara Mengunakan Rumus CountIf dan If

Rumus COUNTIF Excel

COUNTIF adalah rumus untuk menghitung jumlah sel sesuai dengan kriteria yang kita masukkan di dalam formula di Microsoft Excel. Jumlah maksimal kriteria yang bisa dimasukkan ke dalam rumus COUNTIF hanya bisa menampung satu argumen saja. Biasanya fungsi COUNTIF digunakan oleh admin atau analis untuk mencari kata-kata tertentu yang ada di dalam lembar kerja MS Excel.

Bentuk Rumus COUNTIF di MS Excel

Format penulisan rumus COUNTIF pada Microsoft Excel adalah sebagai berikut:

=COUNTIF(ReferensiRange;Kriteria)

Cara Menggunakan Rumus COUNTIF di Microsoft Excel

Klik pada sel tempat di mana ingin mencari jumlah sel sesuai dengan argumen yang kita masukkan. Lalu ketikkan rumus dengan format =COUNTIF(ReferensiRange;Kriteria). Kemudian masukkan kriterianya sesuai dengan yang diinginkan. Jangan lupa berikan tanda petik untuk pada karakter yang dimasukkan. Tekan ENTER pada keyboard untuk melihat hasil pencariannya.

Contoh Penggunaan Rumus Fungsi COUNTIF

Mencari Suatu Kata Secara Utuh Dengan Rumus COUNTIF pada MS Excel


Semisal dalam lembar kerja ada satu kata yang ingin kita cari dan menghitung banyaknya kata yang terdapat di dalam lembar kerja tersebut. Maka kita bisa memanfaatkan rumus countif ini, caranya adalah dengan menuliskan format rumus countif seperti pada contoh berikut:

=COUNTIF(A4:A9;"Azis")

Dalam contoh tersebut kita ingin mengetahui banyaknya kata “Azis” pada tabel data khususnya pada kolom pertama. Range A4:A9 adalah range di mana kita ingin mencari kata yang kita inginkan dan menghitung jumlah kata tersebut.

Jika ada beberapa kata lagi yang ingin kita cari dari tabel data tersebut maka sebaiknya rubah range yang kita blok menjadi sel absolut. Caranya dengan menekan tombol F4 pada keyboard.

Rumus IF di Excel

Rumus IF dipakai untuk membandingkan logika terhadap nilai tertentu. Hasilnya akan menampilkan nilai tersebut dalam bentuk TRUE jika sesuai, atau dalam bentuk FALSE jika nilainya tidak sesuai. Dengan rumus fungsi IF kita bisa membandingkan logika yang kita masukkan. Lalu Microsoft Excel akan memproses logika tersebut berdasarkan kondisi yang ada. Kemudian menampilkan nilai/hasil akhir yang didapat.

Dalam prakteknya, rumus formula IF bisa digunakan jika kita ingin membandingkan siswa berprestasi atau tidaknya dengan memanfaatkan nilai ujian/nilai rapor tiap siswa. Contoh lain kita bisa mengkategorikan posisi/jabatan karyawan hanya berdasarkan Nomor ID karyawan pada suatu perusahaan dan lain sebagainya. Nah pada materi belajar ms excel ini kita juga akan praktikkan dengan contohnya.

Cara Menggunakan Rumus IF di Excel

Letakkan kursor pada sel yang ingin dijadikan tempat hasil dari perhitungan rumus IF. Kemudian ketikkan rumus dengan format =IF(LogikaYangDiuji;Nilai_JikaSesuai;Nilai_JikaTidakSesuai) di mana semua alamat sel, nilai, maupun angka dimasukkan ke dalam kurung. Khusus huruf berikan tanda petik, contoh “Benar”, atau “Salah”, kemudian tekan Enter pada keyboard untuk melihat hasilnya.

Agar lebih jelasnya simak beberapa contoh berikut.

Contoh Penggunaan Rumus IF di MS Excel

1. Penggunaan Rumus Fungsi IF Sederhana pada MS Excel

Misalnya kita akan mengkategorikan suatu pesanan yang terdiri dari makanan dan minuman berdasarkan dari nilai atau harganya. Maka kita cukup menggunakan fungsi IF seperti biasa dengan memasukkan referensi selnya serta logika yang kita inginkan, lalu masukkan nilainya yaitu nilai TRUE-nya “Cukup”, sedangkan nilai FALSE-nya “Buruk”. Berikut contoh penulisan.

=IF(D7>20000;"Makanan";"Minuman")

Disitu bisa kita lihat referensi sel yang dimasukkan terhadap LogikaYangDiuji dengan menggunakan tanda lebih dari > dan harga yang ingin kita masukkan, juga nilai TRUE dan FALSE-nya.

Jadi cara membaca rumus tersebut ialah harga item yang lebih dari 20000 bernilai TRUE dan akan masuk Makanan, selain itu bernilai FALSE, yaitu Buruk.



source CountIF : https://itkoding.com/rumus-countif-excel/

source If : https://itkoding.com/rumus-if-excel/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.